Pengumuman


Bila tulisan yang Anda cari tidak ada di sini, coba kunjungi santai2008.wordpress.com

Rabu, 26 November 2008

Tabiat Wanita Menurut Fisiognomi Arab


Oleh: DJULIANTO SUSANTIO

(Pemerhati Fisiognomi dan Palmistri, di Jakarta)

Bangsa Arab pernah memiliki seorang pujangga besar, Imam Sjafi’i namanya. Salah satu karyanya yang terkenal adalah kitab Tadjoe Sjalatin. Kitab ini disusun agar seseorang “tidak gampang kejeblos dalam pergaulan sesat”. Dengan memandang dan memerhatikan sebentar saja wajah, seseorang akan segera tahu temannya itu jujur, palsu, dan sebagainya.

Lebih khusus kitab tersebut memberi tip bagaimana cara memilih wanita. Gadis-gadis berparas cakap, belumlah cukup untuk dijadikan pasangan hidup. Kehidupan rumah tangga, menurut kitab itu, bukan cuma tergantung dari kecantikan. Yang paling penting adalah mengetahui tabiat si wanita, apakah dia jujur atau palsu, baik atau jelek, dan sebagainya. Inilah tip-tip yang diberikan oleh Imam Sjafi’i.

  1. Wanita yang berperawakan tinggi besar, kulit hitam, dan rambut halus adalah wanita baik-baik yang bisa mengurus rumah tangga. Dia pantas dijadikan isteri.
  2. Wanita yang berperawakan kecil, buah dada besar, dan rambut halus adalah wanita yang bisa berlaku serong, tega membinasakan suami, dan sekali-sekali tidak boleh dipercaya. Hati-hati dengan wanita demikian.
  3. Wanita yang berambut merah dari pangkal sampai ujung, buah dada kecil, dan terdapat tahi lalat di telinga adalah wanita pemboros yang tidak harus dijadikan isteri. Akan tetapi kalau wanita itu kulitnya putih dan rambutnya kasar, sekalipun doyan omong dan cerewet, boleh dijadikan isteri. Wanita demikian besar rezekinya dan halus budi pekertinya.
  4. Wanita yang berpotongan wajah panjang, pipi kaku dan merah, serta leher panjang adalah wanita pemboros dan suka serong.
  5. Wanita yang berperawakan kecil, rambut hitam gelap dan panjang, potongan wajah seperti telur angsa, dan kuku tangan panjang adalah wanita yang besar rezekinya dan baik hati. Cuma cacatnya kalau ngambek suka meninggalkan rumah dan menurutkan kemauannya sendiri.
  6. Wanita yang berperawakan kecil tetapi pantas, badan montok, kulit agak hijau, rambut panjang, gemuk, dan kelihatan agak biru adalah wanita yang berperilaku pantas, tidak menjemukan. Inilah wanita yang mempunyai adat terus terang.
  7. Wanita yang berkulit merah tembaga, rambut panjang dan kasar, dan ujung rambut merah adalah wanita pemboros.
  8. Wanita yang berkulit merah tembaga, muka kelihatan pucat (bukan karena sakit), dan bibir kelihatan kering adalah wanita berhati mulia, setia pada suami, dan bisa dipercaya mengurus rumah tangga.
  9. Wanita yang tinggi, berperawakan sedang (tidak besar dan juga tidak kecil), tingkah lakunya menyejukkan hati, dan tabiatnya pendiam adalah wanita berhati mulia dan setia pada suami. Namun sedikit cacatnya, kalau ngambek—meski amarahnya tidak terus ke dalam hati—suka meninggalkan rumah dengan begitu saja.
  10. Wanita yang berkulit kuning, urat biru, bulu dahi (rambut muda di antara dahi) berdiri, mata kelap-kelip seperti api pelita tertiup angin sepoi-sepoi, bicara perlahan dan tegas adalah wanita berbudi, murah hati, setia pada suami, besar rezekinya, dan tidak takut dimadu.
  11. Wanita yang berperawakan kecil tetapi enak dipandang, kulit agak hijau, wajah bercahaya, dan bulu dahi agak gemuk adalah wanita yang menyimpan banyak kenikmatan dunia. Wanita seperti ini cuma boleh dibuat sobat dalam perjalanan.
  12. Wanita yang tinggi, berperawakan montok, rambut kasar, dan raut wajah bagus adalah wanita yang mempunyai gedung kenikmatan dunia, yang boleh dibuat sobat dalam perjalanan.
  13. Wanita yang berperawakan tinggi lurus, kulit kuning, wajah kelihatan agak galak, dan lirikan matanya tajam adalah wanita setia yang mempunyai sumber kenikmatan dunia.
  14. Wanita yang berperawakan montok, tingkah laku serba pantas, dan kulit wajah agak hijau adalah wanita yang bisa menyinta suami dengan setia.
  15. Wanita yang berperawakan tinggi lurus, kulit kuning tetapi kulit muka kelihatan agak hijau, dan berjalan cepat seperti macan kelaparan adalah wanita berhati baik dan setia.
  16. Wanita yang berleher agak maju ke depan (seperti orang menyondongkan badan di jendela), dan betis kaki seperti padi menggembung adalah wanita yang mempunyai rasa nikmat dan kepuasan kepada pria.
  17. Wanita yang berperawakan pendek dan kecil, muka manis, dan tingkah lakunya kelihatan serba pantas adalah wanita baik, setia, dan bisa membela suami. Susah dan senang akan dilakoninya bersama-sama.
  18. Wanita yang berkaki kecil dan pundak turun adalah wanita yang menyimpan banyak rasa kenikmatan dunia.
  19. Wanita yang berperawakan tinggi, mata agak melekat, dan suara enak didengar adalah wanita yang bisa menyimpan rahasia teman dan mempunyai banyak rasa nikmat.
  20. Wanita yang berperawakan tinggi lurus, rambut kasar, dan kulit muka agak merah adalah wanita judes.
  21. Wanita yang berperawakan montok, kulit kuning bagai temulawak muda dipotong, mata agak melekat, kalau bicara halus dan perlahan, serta rambut keriting adalah wanita yang baik dan setia pada suami.
  22. Wanita yang berperawakan montok, kulit kuning, tingkah laku sedang dan pantas, dan kalau berjalan dada agak maju adalah wanita baik.
  23. Wanita yang berperawakan kecil, kulit agak merah, cahaya wajah kelihatan agak biru, dan bulu dahi gemuk adalah wanita yang menyimpan banyak rasa kenikmatan.
  24. Wanita yang berkulit hitam manis, rambut mengembang bakung (berombak tetapi bukan keriting), dan mata kelap-kelip seperti api pelita tertiup angin sepoi-sepoi adalah wanita berhati cemburuan. Sangat curiga kalau sang suami keluar malam.
  25. Wanita yang berpinggang kecil, kulit halus, wajah angker, serta rambut lebat dan hitam sekali adalah wanita setia. Bila suaminya salah jalan, dia mengerti cara bagaimana harus menyadarkannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ramal Jodoh

Tip Palmistri

Shio Anda

KONTAK SAYA

Your Name :
Your Email :
Subject :
Message :
Image (case-sensitive):